Blogroll

Saturday, March 24, 2012

Manusia dan Pandangan Hidup (Reportase)

Pandangan hidup anak bangsa tentang Dunia Web

Selamat pagi para pemirsa salam sejahtera
Saat ini, Sabtu 3 Maret 2012 saya berada di lokasi tempat di selenggarakannya acara seminar yang bertema kan, "Pandangan hidup anak bangsa tentang Dunia Web" Tenis Indoor Senayan, Jakarta. materi yang di angkat dalam seminar ini secara garis besar adalah memperkenalkan kepada para pelajar tentang Pandangan hidup anak bangsa tentang Dunia Web, tercapat sebagian besar pengunjung yang hadir disini sebagian besar adalah para pelajar dari berbagai wilayah yang di undang untuk hadir dan sebagian lainnya adalah para mahasiswa.

Dari yang apa telah saya simak dari acara seminar tersebut saya garis besarkan kegiatan dalam seminar tersebut adalah mulai dari pemerkenalkan apa itu WEB, fungsi dari WEB itu sendiri, lalu gimana  pandangan kedepannya, dan bagaimana cara pengaplikasikannya ke dalam diri kita yang semua di sajikan di layar besar yang telah di sediakan, ternyata banyak sekali para pelajar yang tertarik dengan dunia web yang di karenakan pandangan pekerjaan yang luas di masa datang, acara di kemas cukup menarik dengan menampilkan perbagai pertunjukan dari berbagai anak sekolah yang menunjukan aksinya di panggung yang telah di sediakan sebagai acara hiburan yang mendidik, berikut beberapa aksi yang telah saya abadikan untuk mengenang acara tersebut.





Demikian laporan kali ini, saya Mochammad Lutfi melaporkan dari Senayan, Jakarta Pusat

Manusia dan Keindahan (Reportase)


Keindahan dalam sebuah Masjid

MENGISI liburan Lebaran tak mesti harus ke pantai atau pegunungan saja, masjid pun dapat dijadikan tempat untuk mengisi liburan. Masjid Kubah Emas, Depok, Jawa Barat bisa menjadi salah satu destinasi anda.

Terletak di Jalan Meruyung Kecamatan Limo Kota Depok, Jawa Barat ini diresmikan pada 31 Desember 2006, bertepatan dengan pelaksanaan sholat Idul Adha 1427 H, oleh pendirinya Ibu Hj Dian Juriah Maimun Al Rasyid dan Bapak Drs H. Maimun Al Rasyid.

Masjid yang menempati area dengan luas 8000 m2 ini berdiri di atas tanah seluas 50 hektar, dan merupakan bagian dari konsep pengembangan sebuah kawasan terpadu bernama Kawasan Islamic Center Dian Al-Mahri. Masjid ini mampu menampung 15 ribu jamaah untuk pelaksanaan sholat dan 20 ribu jamaah untuk pelaksanaan majelis taklim. Kawasan mesjid ini disebut-sebut sebagai yang termegah di Asia Tenggara. Pada hari biasa, masjid dikunjungi oleh 10 ribu pengunjung sementara di akhir pekan meningkat jadi 20 ribu hingga 30 ribu pengunjung. Masjid ini mempunyai tempat parkir seluas 7.000 meter persegi yang dapat menampung 300 kendaraan roda empat atau 1.400 kendaraan bermotor.

Oleh sang pendiri, masjid megah dan indah ini diniatkan tidak hanya menjadi simbol keagungan Islam, namun juga akan berfokus pada pengembangan kebudayaan Islam di Indonesia. Saat ini memang yang baru dibangun adalah masjid yang megah, kediaman pendiri Masjid Kubah Emas, Hj Dian Djuariah Maimun Al Rasyid, serta sebuah gedung serba guna yang dapat digunakan sebagai resepsi pernikahan atau acara lainnya dan taman yang indah luas. Pengembangan berikutnya adalah pembangunan sarana pendidikan berupa pesantren, mulai dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi, serta pembangunan gedung dakwah sebagai pusat syiar Islam.

Kilau emas yang berada pada kubah mesjid ini terlihat bersinar terang. Bahkan dari kejauhan, dari atas bis yang membawa rombongan kami, warna keemasan kubahnya terlihat sangat menyolok. Sungguh mengundang decak kagum. Masjid ini memang beken disebut sebagai Masjid Kubah Emas karena memang kubahnyai dilapisi emas. (di sini letak keindahan dari masjid ini)
ni beberapa bukti untuk mengabadikan momen waktu di kubah emas

Ane narsis dikit gpp :D



Masjid Dian Al Mahri memiliki lima kubah yang merupakan simbol dari rukun Islam. Satu kubah utama dan empat kubah kecil. Uniknya, seluruh kubah dilapisi emas setebal 2-3 milimeter dan mozaik kristal. Bentuk kubah utama menyerupai kubah Taj Mahal. Kubah tersebut memiliki diameter bawah 16 meter, diameter tengah 20 meter, dan tinggi 25 meter. Sementara empat kubah kecil memiliki diameter bawah 6 meter, tengah 7 meter, dan tinggi 8 meter. Selain itu di dalam masjid terdapat lampu gantung yang didatangkan langsung dari Italia seberat 8 ton. Lampu tersebut serupa dengan lampu di Masjid Sultan Oman. Di belakang lampu indah tersebut, langit-langit kubah berganti warna pada setiap waktu salat.

Relief hiasan di atas tempat imam juga terbuat dari emas 18 karat. Begitu juga pagar di lantai dua dan hiasan kaligrafi di langit-langit masjid. Sedangkan mahkota pilar masjid yang berjumlah 168 buah berlapis bahan prada atau sisa emas. Di dasar kubah, terdapat cincin dengan aksen warna emas. Di bawahnya terdapat 33 jendela, yang masing-masing dihiasi kaligrafi asma Allah, sehingga Asmaul Husna pun terpampang di tiap jendela.

Masjid ini terdiri dari enam menara (minaret) berbentuk segi enam, masing-masing terdiri dari enam tingkat yang melambangkan rukun iman dan tingginya 40 meter. Keenamnya dibalut batu granit berwarna abu-abu dengan ornamen melingkar pada setiap tingkatannya. Pada puncak minaret terdapat kubah berlapis mozaik emas 24 karat.


Tipologi arsitektur masjid-masjid di Timur Tengah memang diadaptasi oleh Masjid Kubah Emas ini. dengan ciri kubah, minaret (menara), halaman dalam (plaza), dan penggunaan detail atau hiasan dekoratif dengan elemen geometris dan obelisk, untuk memperkuat ciri keislaman arsitekturnya. Ciri lainnya adalah gerbang masuk berupa portal dan hiasan geometris serta obelisk sebagai ornamen.

Ada pemisahan antara pintu masuk pria dan wanita. Juga ada aturan pula bahwa untuk masuk ke dalam masjid, diwajibkan memakai pakaian yang menutup aurat, sehingga kaum hawa yang berkunjung ke sana harus mengenakan jilbab.

Tersedia tempat penitipan alas kaki/sandal dan tidak boleh ditinggal di luar. Ketika saya tiba, sudah menjelang waktu sholat Dhuhur sehingga halaman luar lantai masjid yang diterpa sinar mentari menjadi panas. Pengurus masjid kerap menyiapkan karpet plastik untuk mengurangi panasnya lantai halaman masjid.

Areal selasar masjid berukuran 45 x 57 m, dan mampu menampung 8000 jamah. Salah satu sisinya berhubungan dengan ruang salat, sedangkan ketiga sisi lainnya dibatasi selasar dengan pilar-pilar berbalut batu granit dari Brasil. Pilar-pilat tersebut membentuk deretan arcade yang seolah menjadi pembatas dari halaman dalam. Ruang utama masjid berukuran 45 × 57 meter yang bisa menampung 8 ribu jamaah.

Bagi Anda yang berminat mengunjungi Masjid Kubah Emas relatif tidak terlalu sulit, karena dapat ditempuh dari beberapa arah. Dari arah Terminal Depok, pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi dapat mengambil jalan menuju arah Kecamatan Sawangan. Setelah sampai di pertigaan Parung Bingung, pengunjung disarankan berbelok ke kanan ke arah Kecamatan Cinere, lalu menuju lokasi masjid. Jarak antara pertigaan Parung Bingung ke lokasi masjid sekitar 3—4 km.

Demikian Reportase saya dari masjid Kubah emas, Saya Mochammad Lutfi, Depok, Jawa Barat

Manusia dan Keadilan (Opini)


Keadilan Di Masa Lampau Dan Masa Sekarang

Adil memang susah bagi kita semua untuk berlaku adil. Adil yang mempunyai pengertian menempatkan sesuatu pada tempatny sesuai dengan porsi dan kapasitasnya dalam berbagai hal. Sedangkan menurut sebagian masyarakat adil merupakan pembagian yang sama rata tanpa memperhatikan porsi dan kapasitasnya dalam sesuatu hal.

Mari kita tengok ke lampau , dimana para lahi menjelaskan apa arti dari kata Keadilan, ada baiknya kita melihat teori keadilan yang sudah dirumuskan oleh para filsuf. Plato dalam dialognya Politeia, merumuskan keadilan dengan meminjam mulut seorang sofis Thrasymachos bahwa keadilan adalah keuntungan bagi yang kuat[2]. Aristoteles dalam Nicomachean Ethics juga mengatakan bahwa keadilan adalah yang tidak bertentangan dengan hukum.[3] Imanuel Kant mengatakan bahwa keadilan adalah yang sesuai dengan tatanan akal budi pada asas-asas rasio.[4] John Rawls dengan Theory of Justice berpendapat bahwa keadilan dapat dicapai jika hak dasar manusia sudah dipenuhi. Jacques Derrida berpendapat bahwa keadilan melampaui hukum yang bisa didekonstruksi.


Kebanyakan orang percaya bahwa ketidakadilan harus dilawan dan dihukum, dan banyak gerakan sosial dan politis di seluruh dunia yang berjuang menegakkan keadilan. Tapi, banyaknya jumlah dan variasi teori keadilan memberikan pemikiran bahwa tidak jelas apa yang dituntut dari keadilan dan realita ketidakadilan, karena definisi apakah keadilan itu sendiri tidak jelas. keadilan intinya adalah meletakkan segala sesuatunya pada tempatnya.

Keadialan ada beberapa macam salah satunya adalah Keadilan sosial.
Keadilan sosial adalah sebuah konsep yang membuat para filsuf terkagum-kagum sejak Plato membantah filsuf muda, Thrasymachus, karena ia menyatakan bahwa keadilan adalah apa pun yang ditentukan oleh si terkuat.
Dalam sebuah pemerintahan, Plato meresmikan alasan bahwa sebuah negara ideal akan bersandar pada empat sifat baik: kebijakan, keberanian, pantangan (atau keprihatinan), dan keadilan.
Penambahan kata sosial adalah untuk membedakan keadilan sosial dengan konsep keadilan dalam hukum.

Keadilan sosial juga merupakan salah satu butir dalam Pancasila.
Di dalam Ethica Nicomachea, ARISTOTELES menggambarkan keadilan sebagai capaian tertinggi dari penerapan nilai-nilai etika.ARISTOTELES membagi keadilan ke dalam dua hal
(1) keadilan integral dan
(2) keadilan spesifik.

Keadilan integral memuat nilai-nilai yang berlaku umum, sedang keadilan spesifik berhubungan dengan hasrat dan keinginan seseorang untuk menggapai kenikmatan yang sifatnya parsial.
Seperti apakah keadilan integral itu? Mengenai hal ini, tidak banyak yang dituliskan oleh ARISTOTELES dalam Ethica Nicomachea. Namun, sedikit banyak dapat disarikan, bahwa keadilan integral adalah apa yang semua orang dalam sebuah masyarakat tertentu anggap sebagai norma yang tak terbantahkan keberlakuannya.

Saya menyimpulkan bahwa pengertian keadilan adalah sesuatu hak yang dimiliki setiap manusia dalam hal apapun, dimanapun, dan kapanpun.keadilan itu sendiri adalah hal yang wajib kita berikan juga kepada semua orang.dan begitu juga selayaknya kita juga tidak meyalahgunakan keadilan yang dalam kehidupan ini .

Manusia dan Cinta (Puisi)



SIAPAKAH GERANGAN
Siapakah gerangan
Tiap hari lewat depan halaman rumah ku

Sambil tersenyum kau menyapaku
Hangatnya tatapan mu dengan suaramu yang merdu di telinga ku


Siapakah gerangan
Tiap hari berbusana putih hitam
Sungguh indah di tubuh mu
Nampak menawan ditatapan ku

Siapakah gerangan
Ku ingin menyapamu 

Terpesona aku padamu
Sepertimu pria idamanku

Harapan dalam diri Manusia (OPINI)


Harapan dalam diri Manusia (OPINI)
Harapan, adalah sesuatu yang dijadikan sebuah tujuan hidup dan juga sebuah tolak ukur sejauh mana seseorang harus berusaha untuk meraih harapannya. Terkadang harapan yang diharapkan oleh seorang manusia tidak dapat diperoleh oleh dirinya, sehingga orang tersebut merasa putus asa dan menganggap bahwa ia sudah tidak memiliki haraoan lagi. Hal tersebut merupakan ciri orang yang pesimis daan pantang menyerah. Pesimis adalah sebuah hal yang harus dijauhkan dari sebuah harapan. Orang yang mudah pesimis pasti akan merasa dirinya tidak pantas, tidak mampu, dan tidak tidak dapat untuk memperoleh apa yang diharapkan.
Setiap manusia pasti mempunyai harapan dalam hidupnya. Setiap manusia juga pasti berharap bahwaharapan yang ia inginkan dapat terwujud. Dan itulah sebabnya, manusia sering tidak bersyukur akan apa yang ia peroleh. Apa yang telah diberikan oleh Allah pada dirinya, walaupun itu tidak sesuai dengan harapannya. Bersyukur adalah tanda menghargai segala pemberian-Nya atas segala yang diharapkan. Terkadang sebuah harapan memang tidak sejalan dengan apa yang diterima. Janganlah pernah merasa pesimis akan sebuah harapan yang telah diharapkan. Harapan adalah sebuah pencapaian yang tertunda, jika kita percaya pada harapan tersebut, maka harapan tersebut juga akan percaya kepada kita. 
Harapan merupakan sesuatu yang mutlak dimiliki oleh setiap manusia. Harapan biasanya bersifat sementara, bila harapan tersebut terwujud, maka seseorang akan melupakan harapan tersebut dan akan kembali berharap. Namun jika harapan tersebut tidak juga terwujud, orang tersebut akan terus berharap dan berharap, agar harapannya tersebut menjadi nyata. Sangatlah teramat bahagia jika harapan yang diharapkan dan dimohonkan dapat terwujud, karena sebuah harapan dapat dikatakan sebagai permintaan yang secara spontan secara langsung datang dari dalam diri seseorang untuk menginginkan sesuatu menjadi nyata sesuai apa yang diinginkan dirinya. 

Kaitan sebuah budaya atau kebudayaan dengan sebuah harapan adalah, diharapkan budaya bangsa Indonesia tetap terjaga eksistensinya di kepribadian bangsa terutama dalam diri para generasi muda penerus bangsa. Karena sekrang budaya bangsa semakin terancam oleh adanya budaya asing dari luar yang menawarkan kemewahan, kebebeasan, serta ketidak sesuaian dengan budaya asli Indonesia. Maka dari itu, itulah harapan utama bangsa Indonesia dari unsur sebuah budaya, bila harapan tersebut dapat terwujud, maka Indonesia akan dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsanya sendiri.

Tidak terlepas dari konteks sebuah harapan, harapan terkadang sejalan dengan apa yang seharusnya. Ada harapan yang mungkin memang baik, namun tidak daapt terwujud. Dan sebaliknya, ada harapan yang tidak baik, namun bisa saja terwujud. Kita tidak pernah megetahui apakah harapan yang kita harapkan dan inginkan dapat menjadi kenyataan dan dapat terwujud. Itulah sebabnya perlu adanya usaha yang nyata untuk mewujudkan harapa tersebut. 

Contoh mudahnya yaitu, seorang anak menhrapkan dirinya dapat memperoleh nilai baik dalam ujian akhir di sekolahnya, maka apabila ia ingin harapannya tersebut terwujud, ia harus berusaha untuk mau belajar, memperhatikan apa yang diterangkan gurunya, dan tidak putus asa untuk memperoleh hasil terbaik dari harapannya tersebut. Kita tidak pernah tahu, kapan sebuah harapan dapat terwujud. Setiap harapan yang dimohonkan kepada-Nya, niscaya akan dikabulkan. Namun tidak semua yang menurut seseorang baik, baik juga menurut-Nya. Allah lebih mengetahui apa yang terbaik, dan aap yang tidak baik bagi umat-Nya, maka dari itu setiap harapan yang positif yang juga bermanfaat bagi diri seseorang ataupun orang banyak, pasti akan terkabul, tetapi pertanyaannya, kapankan harapan tersebut akan dikabulkan? Hanya Allah yang tahu, karena sebuah harapan menyangkut rahasia-Nya. 

Kadang manusia diuji kesabarannya, manusia mengharapkan untuk mendapatkan sesuatu. Setiap hari, setiap waktu, dan setia saat ia berdoa agar harapannya dapat terkabul, namun harapan tersebut tidak juga terwujud. Tetapi saat ia tidak menyadarinya, harapan tersebut akan terkabul dengan sendirinya. Dari semua hal tersebut dapat disimpulkan, bahwa harapan adalah sesuatu yang tidak pernah kita tahu kapan akan terwujud, harus apa kita terhadap harapan tersebut, dan bagaimana sikap kita jika harapan yang kita panjatkan dan mohonkan tidak terkabul. Yang harus dilakukan adalah terus berusaha, jangan oernah menyerah untuk meraih harpan, jangan pernah mengeluh akan apan yang kita terima, syukurilah segala sesuatu yang didapat, karena kita tidak pernah tahu kapan harapan kita akan datang menghampiri kita, dan kita juga tidak pernah tahu apa yang terbaik untuk kita menurut Allah, karena segala sesuatu yang diberikan oleh-Nya adalah yang terbaik untuk diri kita. Ingatlah selalu diri-Nya dan janganlah berpaling dari-Nya, maka mudah-mudahan harapan-harapan kita dapat sejalan dengan apa yang diberikan-Nya. Amin.

Monday, March 5, 2012

Cara Membuat Perhitungan luas dan keliling lingkaran with C++

Coba gan, work 100

# include
# include
void main ()
{
const float phi = 3.14;
float jari_jari, luas, keliling;

cin>>jari_jari;
luas=phi*jari_jari*jari_jari;
keliling=2*phi*jari_jari;
cout<<"luas ="< cout<<"keliling ="< getch();
}