Blogroll

Saturday, March 24, 2012

Harapan dalam diri Manusia (OPINI)


Harapan dalam diri Manusia (OPINI)
Harapan, adalah sesuatu yang dijadikan sebuah tujuan hidup dan juga sebuah tolak ukur sejauh mana seseorang harus berusaha untuk meraih harapannya. Terkadang harapan yang diharapkan oleh seorang manusia tidak dapat diperoleh oleh dirinya, sehingga orang tersebut merasa putus asa dan menganggap bahwa ia sudah tidak memiliki haraoan lagi. Hal tersebut merupakan ciri orang yang pesimis daan pantang menyerah. Pesimis adalah sebuah hal yang harus dijauhkan dari sebuah harapan. Orang yang mudah pesimis pasti akan merasa dirinya tidak pantas, tidak mampu, dan tidak tidak dapat untuk memperoleh apa yang diharapkan.
Setiap manusia pasti mempunyai harapan dalam hidupnya. Setiap manusia juga pasti berharap bahwaharapan yang ia inginkan dapat terwujud. Dan itulah sebabnya, manusia sering tidak bersyukur akan apa yang ia peroleh. Apa yang telah diberikan oleh Allah pada dirinya, walaupun itu tidak sesuai dengan harapannya. Bersyukur adalah tanda menghargai segala pemberian-Nya atas segala yang diharapkan. Terkadang sebuah harapan memang tidak sejalan dengan apa yang diterima. Janganlah pernah merasa pesimis akan sebuah harapan yang telah diharapkan. Harapan adalah sebuah pencapaian yang tertunda, jika kita percaya pada harapan tersebut, maka harapan tersebut juga akan percaya kepada kita. 
Harapan merupakan sesuatu yang mutlak dimiliki oleh setiap manusia. Harapan biasanya bersifat sementara, bila harapan tersebut terwujud, maka seseorang akan melupakan harapan tersebut dan akan kembali berharap. Namun jika harapan tersebut tidak juga terwujud, orang tersebut akan terus berharap dan berharap, agar harapannya tersebut menjadi nyata. Sangatlah teramat bahagia jika harapan yang diharapkan dan dimohonkan dapat terwujud, karena sebuah harapan dapat dikatakan sebagai permintaan yang secara spontan secara langsung datang dari dalam diri seseorang untuk menginginkan sesuatu menjadi nyata sesuai apa yang diinginkan dirinya. 

Kaitan sebuah budaya atau kebudayaan dengan sebuah harapan adalah, diharapkan budaya bangsa Indonesia tetap terjaga eksistensinya di kepribadian bangsa terutama dalam diri para generasi muda penerus bangsa. Karena sekrang budaya bangsa semakin terancam oleh adanya budaya asing dari luar yang menawarkan kemewahan, kebebeasan, serta ketidak sesuaian dengan budaya asli Indonesia. Maka dari itu, itulah harapan utama bangsa Indonesia dari unsur sebuah budaya, bila harapan tersebut dapat terwujud, maka Indonesia akan dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsanya sendiri.

Tidak terlepas dari konteks sebuah harapan, harapan terkadang sejalan dengan apa yang seharusnya. Ada harapan yang mungkin memang baik, namun tidak daapt terwujud. Dan sebaliknya, ada harapan yang tidak baik, namun bisa saja terwujud. Kita tidak pernah megetahui apakah harapan yang kita harapkan dan inginkan dapat menjadi kenyataan dan dapat terwujud. Itulah sebabnya perlu adanya usaha yang nyata untuk mewujudkan harapa tersebut. 

Contoh mudahnya yaitu, seorang anak menhrapkan dirinya dapat memperoleh nilai baik dalam ujian akhir di sekolahnya, maka apabila ia ingin harapannya tersebut terwujud, ia harus berusaha untuk mau belajar, memperhatikan apa yang diterangkan gurunya, dan tidak putus asa untuk memperoleh hasil terbaik dari harapannya tersebut. Kita tidak pernah tahu, kapan sebuah harapan dapat terwujud. Setiap harapan yang dimohonkan kepada-Nya, niscaya akan dikabulkan. Namun tidak semua yang menurut seseorang baik, baik juga menurut-Nya. Allah lebih mengetahui apa yang terbaik, dan aap yang tidak baik bagi umat-Nya, maka dari itu setiap harapan yang positif yang juga bermanfaat bagi diri seseorang ataupun orang banyak, pasti akan terkabul, tetapi pertanyaannya, kapankan harapan tersebut akan dikabulkan? Hanya Allah yang tahu, karena sebuah harapan menyangkut rahasia-Nya. 

Kadang manusia diuji kesabarannya, manusia mengharapkan untuk mendapatkan sesuatu. Setiap hari, setiap waktu, dan setia saat ia berdoa agar harapannya dapat terkabul, namun harapan tersebut tidak juga terwujud. Tetapi saat ia tidak menyadarinya, harapan tersebut akan terkabul dengan sendirinya. Dari semua hal tersebut dapat disimpulkan, bahwa harapan adalah sesuatu yang tidak pernah kita tahu kapan akan terwujud, harus apa kita terhadap harapan tersebut, dan bagaimana sikap kita jika harapan yang kita panjatkan dan mohonkan tidak terkabul. Yang harus dilakukan adalah terus berusaha, jangan oernah menyerah untuk meraih harpan, jangan pernah mengeluh akan apan yang kita terima, syukurilah segala sesuatu yang didapat, karena kita tidak pernah tahu kapan harapan kita akan datang menghampiri kita, dan kita juga tidak pernah tahu apa yang terbaik untuk kita menurut Allah, karena segala sesuatu yang diberikan oleh-Nya adalah yang terbaik untuk diri kita. Ingatlah selalu diri-Nya dan janganlah berpaling dari-Nya, maka mudah-mudahan harapan-harapan kita dapat sejalan dengan apa yang diberikan-Nya. Amin.

0 comments:

Post a Comment